Belajar…? Hm…? Ngapain?


Belajar…? Hm…? Ngapain?



Sebenernya tujuan kalian belajar ngapain sih? Buat nilai? Dapet ranking 1? Bisa jadi famous? Bisa kuliah di Universitas ternama? Terus bagi kalian yang kuliah, apakah tujuan kalian belajar itu buat dapet kerja yang enak teus gajinya besar?
 Terus kalo kalian udah dapet apa yang kalian ingiinkan apa bakal berhenti belajar?

Pertanyaan yang sebenernya cukup membingungkan, apalagi buat pelajar-pelajar di indonesia. Termasuk aku sendiri. Terus gimana dong? Ngapain yaa kita tuh belajar.

Gini nih temen-temen, sebenernya belajar itu bertujuan buat ngelatih otak kita. Bukan buat pinter ataupun dapet nilai 100. Terus maksudnya ngelatih otak itu gimana sih? Nahh, kalian tau ga? Sebenernya otak kita itu ibarat pisau, kalo kita pake terus menerus dan dirawat dengan baik maka akan tetep tajem. Nah sekarang gini deh, coba kalian liat pisau, kalo pisau itu ngga dipake dalam jangka waktu lama dan dibiarin gitu aja, apa sih yang bakal terjadi? Terus kalo abis dipake kita ngga simpen bener-bener? Terus kalo diapke tapi cara make nya ga bener? Apa sih yang bakal terjadi?

Semakin banyak pertanyaan yang timbul. Oke aku bakal coba ceritain apa yang aku tau. Pertama belajar itu seperti yang udah di sampein di atas, yaitu buat ngelatih otak? Yang tujuannya agar otak yang kita punya ini bisa bekerja sebagaimana mestinya otak bekerja. Terus sebenernya belajar itu bentuk rasa syukur kita sama Yang Maha Kuasa, kita dikasih otak dan pikiran itu buat digunain, bukan buat disimpen dan didiemin aja. Coba deh ubah pola pikir kalian kalo belajar itu terpaksa. Kalo belajar itu berat. Kalo belajar itu buat dapet nilai bagus. Sebenernya belajar itu buat ngelatih pola pikir kita ditambah niat buat ibadah dan mendekatkan diri sama Yang diatas. Gimana sih kita dengan belajar matematika, bisa bikin keimanan kita naik, yang belajar tentang hukum-hukum alam, itu seharusnya bikin kita takjub yang insyaAllah bakal bisa bikin kita lebih giat ibadah dll.

Terus bagi kalian yang sedang kebingungan, gimana sih belajar yang baik, gimana sih belajar yang menyenangkan. Sebenernya jawabannya kembali ke kaliannya masing-masing. Karena yang punya badan itu kalian, kalian yang ngerti tentang diri kalian sendiri.

Nah coba kalian sedikit-sedikit rasain gimana sih nikmatnya belajar. Nanti kalian bakal ngerasain sakau, kalo sehari aja kalian ga belajar.

Konsep hidup yang sebenarnya adalah memanfaatkan waktu sebaik mungkin, ada judul buku dari Ahmad Rifai Rif’an. Judulnya menarik “Hidup Sekali, Berarti, Lalu Mati”

Terimakasih…

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengenalan BFD, PFD dan P&ID

Belajar Coding Bag. I - Algoritma Pemrograman