Teknologi dan Kemudahan Hidup



Kemudahan hidup, itulah yang diharapkan seseorang. Banyak dari kita ingin membuat sesuatu jadi sesimple mungkin. Nah, tau engga ternyata sekarang hal itu pelan-pelan mulai terwujud loh. Kalian pernah banyangin engga sih nenek moyang kita pada zaman dulu tuh susah banget hidupnya kalo kita ngeliat dengan keadaan kita sekarang ini.
Well, sekarang semua itu dipermudah lagi dengan adanya teknologi microcontroller . Nah apa sih mikrokontroller itu? Menurut wikipedia mikrokotroller adalah sistem mikroprosesor lengkap yang terkandung di dalam sebuah chip. Mikrokontroler berbeda dari mikroprosesor serba guna yang digunakan dalam sebuah PC, karena di dalam sebuah mikrokontroler umumnya juga telah berisi komponen pendukung sistem minimal mikroprosesor, yakni memori dan antarmuka I/O, sedangkan di dalam mikroprosesor umumnya hanya berisi CPU saja.

Cukup membingungkan memang. Tapi mudahnya mikrokontroler itu kaya otak dalam sebuah alat, kita susun program di otaknya maka jrenggg udah deh bisa jalan alatnya. Beberapa orang dari itali punya ide buat mempermudah itu semua yang bisa dipake semua kalangan yang pokoknya simple banget lah. Nah mulai lah mereka membuat yang namanya arduino.


Apa sih arduino itu? Menurut wikipedia arduino adalah pengendali mikro single-board yang bersifat open-source[1], diturunkan dari Wiring platform[2], dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Hardwarenya memiliki prosesor Atmel AVR dan softwarenya memiliki bahasa pemrograman sendiri.

Sekarang udah zamannya revolusi industri 4.0, apakah itu? Nanti insyaAllah akan saya bahas di lain artikel.

Setiap orang berhak berkreasi atas kemauannya sendiri. Sekarang bukan hanya soal kemauan, kita bisa memperbaiki dunia dengan Arduino. Teknologi bisa membawa kita ke arah lebih baik atau sebaliknya. Itu merupakan tantangan bagi kita selaku kaum milenial, mau terjebak oleh teknologi atau kita yang menjebak teknologi itu sendiri. Berbagai masalah yang ada sekarang ini saya yakin akan bisa terselesaikan dengan teknologi. Sekarang tinggal bagaimana? Seberapa cepat kita berlari?

                  https://id.wikipedia.org/wiki/Arduino

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengenalan BFD, PFD dan P&ID

Belajar…? Hm…? Ngapain?

Belajar Coding Bag. I - Algoritma Pemrograman